Minggu, 24 April 2011

Pengamat: Jangan takut sanksi, majukan AP, GT & NB

George Toisutta
George Toisutta dihadang FIFA (Antara/Yudhi Mahatma)
FIFA sudah menetapkan melarang empat nama maju ke pencalonan ketua umum PSSI. Namun karena putusan yang dibuat dianggap tidak berdasar, Nirwan Bakrie, George Toisutta dan Arifin Panigoro disarankan dimajukan saja. Seperti diberitakan sebelumnya, FIFA kembali menegaskan larangannya terhadap Arifin Panigoro, Nirwan Bakrie, George Toisutta dan Nurdin Halid maju ke pencalonan ketua umum PSSI. Keputusan tersebut diambil berdasarkan putusan Komite Banding beberapa waktu lalu.
Langkah yang diambil FIFA disayangkan pengamat sepakbola Yesayas Oktavianus. Soalnya sejak Komite Banding memutuskan menganulir keempat nama tersebut tak disebutkan dengan jelas alasannya, pun begitu dalam keputusan terbaru FIFA.
Karenanya dia menyarankan kalau Nirwan, George dan Arifin tetap diloloskan dalam pencalonan. Setelahnya biarkan Komite Pemilihan dan Komite Banding yang memutuskan layak atau tidaknya mereka.
“Loloskan saja NB, AP, GT dan biar Komite Pemilihan dan Komite Banding yang memutuskan,” ungkap Yesayas.
Keputusan meloloskan ketiga nama tersebut membuat Indonesia terancam sanksi dari FIFA. Namun Yesayas menyebut hal tersebut tak perlu dikhawatirkan.
“Untuk solusinya menurut saya, KN (Komite Normalisasi) dan kelompok 78 silakan jalan. Silakan duduk bersama, berembuk dan cari jalan terbaik. Tidak perduli dengan FIFA, silakan saja kalau dihukum. Biar kita sebagai negara yang mengoreksi diri sendiri, jangan takut dengan FIFA. Kita dibekukan nanti bisa mulai membangun sistem yang baik,” demikian tuntasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar